Bantuan Penerima Manfaat Kaki Palsu Dinas Sosial Jember 34 Buah

Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021, puluhan kaki palsu dibagikan Dinas Sosial (Dinsos) Jember kepada para difabel yang membutuhkan. Sebanyak 34 buah kaki palsu tersebut dibuat melalui tangan-tangan ahli ortotik prostetik di CV Ibrahim Medica, Tuban.

Dinsos bersama Rumah Sakit Sumberglagah, Mojokerto melaksanakan pengecekan dan pengukuran kaki tersebut di Area Pondok Sosial, Jember pada 29 November 2021. CV Ibrahim Medica menjadi saksi yang dilibatkan dalam bakti sosial bertujuan untuk berbagi kasih kepada kaum disabilitas itu.

Penerima Manfaat Kaki Palsu Membeludak

Kepala Bidang Penyandang Permasalahan Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial (PMKS Dinsos) Jember Dyah Kusworini mengatakan saat pendaftaran awal, Dinsos menyediakan tangan dan kaki palsu kepada 40 orang. Namun saat menjelang pelaksanaan, permintaan membeludak.

Dyah menyampaikan permintaan tangan dan kaki palsu mencapai 69 orang. Jumlah tersebut di luar ekspektasi institusinya. Sehinggap pemesanan kaki dan tangan palsu ditambah. Dia mengatakan disabilitas yang dibantu tidak hanya dari Jember, melainkan juga dari Bondowoso dan sekitarnya.

Disampaikan Dyah, pihaknya terbuka untuk memberi bantuan kepada para penyandang disabilitas sesuai komitmen dari pemerintah. Semua disabilitas yang membutuhkan akan diukur serta ditilik agar memiliki ukuran kaki dan tangan yang pas sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Di Jember, pendataan difabel mengacu pada data dan informasi Persatuan Penyandanga Cacat (Perpenca) Jember. Dalam catatannya, ada 78 disabilitas yang membutuhkan dorongan kaki palsu. Namun, kata Dyah, informasi tersebut masih data sementara karena belum mencakup 31 kecamatan.

Diharapkan, para penyandang disabilitas yang butuh bantuan dapat memperoleh dorongan kaki dan tangan palsu sesuai yang mereka butuhkan. Karena belum dapat menjangkau semua kebutuhan disabilitas, pemerintah masih terus melakukan pendataan untuk bantuan pada tahun berikutnya.

‘’Kami menggandeng berbagai pihak untuk menolong para disabilitas memperoleh kaki serta tangan palsu setiap tahunnya. Sehingga diharapkan dapat sedikit mengurangi bebanmereka dalam melaksanaan aktivitasnya sehari-hari,’’ kata Dyah di depan awak media saat acara berlangsung.

Dyah mengemukakan, kegiatan tersebut memiliki peserta yang belum mendapatkan bantuan lebih dari lima tahun. Sehingga sebagian kaki dan tangan palsu sudah rusak atau butuh perbaikan. Bantuan tersebut diharapkan mampu membantu kebutuhan mereka untuk kembali ke aktivitasnya.

Dyah menjelaskan bahwa kegiatan tersebut memiliki peserta yang sudah terbantu selama lebih dari lima tahun, sudah waktunya untuk diganti, dan mereka rusak dan perlu perbaikan. Sebagian lain yang dibantu adalah disabilitas yang tidak pernah memiliki tangan dan kaki palsu.

Seperti diketahui, harga kaki palsu yang berkualitas cukup mahal. Sehingga tidak semua disabilitas mampu membelinya. Untuk meringankan beban mereka, Pemerintah Kabupaten Jember mengelontorkan bantuan kepada para disabilitas yang memang berhak mendapatkannya.

‘’Dengan harga umum Rp 5 juta untuk kaki atau tangan palsu dapat memudahkan bagi peserta BPJS Kesehatan. Sedankan yang tidak memiliki BPJS, kami ajukan di Biakes. Sehingga semua disabilitas yang terdaftar dapat mendapatkan haknya,’’ ucap Dyah.

Usai proses fitting yang dilakukan oleh tim dari Rumah Sakit (RS) Sumber Glagah, para peserta langsung dijadwalkan mendapatkan kaki dan tangan palsu sekitar dua minggu. Kaki dan tangan palsu akan bertahan kurang lebih lima tahun. Hitungan tersebut untuk pemakaian normal yang wajar.

Dyah menjelaskan bantuan tangan dan kaki palsu ini merupakan kerjasama antara Pemkab Jember, RS Sumber Glagah dan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Jember. Semua pihak saling bersinergi untuk meringankan beban sesama, terutama bagi disabilitas yang membutuhkan bantuan.

Sementara itu, Ketua IKA Unair Jember I Nyoman Semita mengatakan keterlibatan IKA Unair pada Hari Disabilitas Internasional tersebut untuk mendukung penuh kegiatan sosial. IKA Unair akan lebih aktif untuk membangunkan mimpi para penyandang disabilitas agar bisa bergerak normal.

“Kita semua bergotong-royong membantu saudara-saudara difabel. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi sesama, ini adalah tujuan yang manusiawi dan ini luar biasa. Ini worth it (sangat berharga),” ujarnya kepada awak media saat dalam acara.

Nyoman menjelaskan keterlibatan IKA Unair dalam kegiatan kemanusiaan tersebut yakni sebagai relawan dan penentuan layak tidaknya penyandang disabilitas memiliki kaki atau tangan palsu. ‘’Umumnya setelah 6 bulan tidak ada bengkak baru bisa dinyatakan layak untuk dipasang,’’ katanya.

Baca Juga: Program Magang Polkesta Solo Jurusan Orthotics & Prosthetics

Komitmen CV Ibrahim Medica untuk Sosial

Tidak hanya mementingkan bisnis semata, CV Ibrahim Medica berkomitmen untuk menjunjung tinggi kemanusiaan dengan mendukung berkegiatan sosial. Komitmen kami yakni dengan memberi harga yang lebih murah untuk kaki dan tangan palsu yang akan dibagikan pada acara atau kegiatan sosial.

Untuk kepentingan bisnis, CV Ibrahim Medica sudah mematok harga murah. Namun untuk kepentingan sosial, harga yang dibanderol jauh lebih murah. Meski harga lebih murah, kualitas yang kami berikan sudah memenuhi standar internasional yang banyak digunakan berbagai negara maju.

Banyaknya lembaga sosial pemerintah maupun swasta yang menggunakan jasa CV Ibrahim Medica menjadi bukti kualitas kami yang tak perlu lagi diragukan. CV Ibrahim Medica sudah memproduksi ribuan kaki palsu yang digunakan untuk mereka yang membutuhkan.

Kaki palsu bisa digunakan untuk para disabilitas sejak lahir ataupun yang mengalami kecelakaan. Sebagian besar material produksi, kami impor dari pabrikan Eropa yang sudah terbukti kualitasnya. Komitmen inilah yang selama ini menarik banyak konsumen yang mendatangi kami.

Kaki palsu prostetik atau prostesis memiliki kegunaan untuk membantu para disabilitas yang mengalami amputasi kaki agar lebih mudah beraktivitas. Bentuk kaki ini meniru fungsi mirip seperti asli. Bagi yang baru diamputasi, lebih baik untuk segera memesan kaki palsu di CV Ibrahim Medica.

Tinggalkan komentar