Program Magang Polkesta Solo Jurusan Orthotics & Prosthetics

Program magang yang digelar kampus bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan ilmu langsung dari ahlinya. Termasuk Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surakarta (Polkesta) Solo yang ingin membekali wawasan sesuai disiplin ilmu dari praktisi langsung.

Para mahasiswa tersebut dikirim untuk belajar dalam waktu sekitar satu bulan. Salah satunya program studi ortotik prostetik yang dikirim ke CV Ibrahim Medica untuk menguasai ilmu tersebut. Tiga mahasiswa dari jurusan ortotik prostetik (Orthotics Prosthetics) belajar langsung dari ahlinya.

CV Ibrahim Medica, Dipercaya Konsumen dan Kampus

Selama ini, CV Ibrahim Medica dipercaya banyak kalangan masyarakat. Tidak hanya dari konsumen, namun juga dari kampus. Kampus di bawah Kemenkes tersebut sebagai salah satu tempat menimba ilmu karena sudah berpengalaman.

Sudah lama dipercaya berbagai konsumen dari Jawa dan luar Jawa. Tidak hanya konsumen dari dalam negeri, namun juga dari berbagai negara.

Kualitas yang diberikan CV Ibrahim Medica inilah yang membuat banyak kampus melirik untuk mengirimkan mahasiswanya belajar.

Mereka diajari praktik langsung untuk melengkapi ilmu teori yang selama ini mereka dapatkan di kampus. Pembelajaran berjalan lancar dan menyenangkan. Ortotik prostetik (orthotics & prosthetics) merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh seseorang Ortotis Prostetis

Pelayanan tersebut dalam perihal perlengkapan bantu kesehatan berbentuk ortosis ataupun prosthesis buat kesehatan raga serta psikis dari setiap pasien. Selama ini wawasan ini bersumber pada ilmu pengetahuan serta teknologi buat tingkatkan derajat kesehatan orang, kelompok serta warga yang disebabkan oleh terdapatnya ganguan guna serta gerak anggota badan.

Juga ganguan lain seperti truk atau batang badan dan hilangnya bagian anggota gerak badan yang bisa menyebabkan kendala atau kelainan anatomis, fisiologis, psikologis serta sosiologis. Kendala ini bisa disebabkan faktor lahir, keturunan, atau kecelakaan sewaktu anak-anak hingga dewasa.

Ortosis atau orthotics merupakan perlengkapan bantu kesehatan yang berperan buat bracing, splinting, serta supporting. Selama ini dipasangkan diluar badan yang diperuntukkan untuk pasien atau klien yang memerlukan. Kebutuhan ini berdasarkan analisa medis dari dokter.

Sedangkan prostesis atau prosthetics merupakan perlengkapan pengganti anggota gerak badan yang kurang sempurna, sehingga dipasangkan diluar badan yang diperuntukkan untuk pasien atau konsumen yang memerlukan.

Sekilas Tentang Prodi Ortotik Prostetik Polkesta Solo

Program studi (prodi) Sarjana Terapan Ortotik Prostetik merupakan salah satu program riset di Poltekkes Kemenkes Surakarta (Polesta) Solo yang bergerak di bidang pembelajaran ortotik prostetik. Istilah lainnya adalah ahli pembuatan kaki palsu bagi disabilitas.

Ortotik prostetik menjadi salah satu bagian berarti dalam bidang rehabilitasi medik di Indonesia. Ilmu ini terus berkembang seiring kemajuan zaman dan kecepatan mobilitas masyarakat. Tenaga kesehatan ortotik prostetik ialah tenaga kesehatan handal dalam pelayanan perlengkapan bantu.

Bisa juga disebut tenaga ahli perlengkapan ubah pada orang-orang disabilitas atau yang berkebutuhan spesial. Program studi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik Formal dibuka pada tahun 2011 dengan kurikulum berbasis kompetensi secara utuh.

Prodi di Polkesta Solo ini juga mengacu pada ISPO Cat II (Organisasi Ortotik Prostetik Internasional). Dalam melakukan Tridarma Akademi Besar, prodi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik melakukan pembelajaran, pelayanan serta dedikasi warga dan riset yang berhubungan dengan difabel.

Baca Juga: Layanan pembuatan kaki palsu Bekasi terbaik yang sudah dipercaya ratusan ribu pelanggan di Bekasi.

Untuk mengembalikan difabel ke harkat serta martabatnya seperti orang normal pada umumnya. Perihal tersebut sejalan dengan visi serta misi prodi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik yakni: Jadi institusi yang unggul serta kompetitif dalam bidang Ortotik Prostetik yang menciptakan lulusan yang professional dibidang ortotik prostetik serta berwawasan global pada tahun 2035.

CV Ibrahim Medica membuka lebar program magang dari kampus lain pada disiplin ilmu serupa. Tujuannya agar ilmu tentang kaki palsu ini bisa menular seluas-luasnya. Dengan demikian akan ada banyak ahli kaki palsu yang dapat menolong difabel atau pasien yang membutuhkan.

Program magang ini bisa diikuti siapa pun cukup dengan menyertakan surat pengajuan dari kampus minimal H-1 bulan sebelum pelaksaan magang. Menjadi kebanggaan bagi CV Ibrahim Medica yang sudah dipercaya Polkesta Solo untuk menjadi salah satu ahli atau praktisi di bidang ilmu kaki palsu.

Program studi Sarjana Terapan Ortotik Prostetik Polkesta Solo menciptakan lulusan handal Ortotik Prostetik dengan gelar akademik S. Tr. Kes. Gelar tersebut normalnya dapat ditempuh dalam waktu 4 tahun atau 8 semester dengan memenuhi semua sistem kredit semester (SKS) yang diajukan.

Proses pembelajaran dilaksanakan reguler pada semester 1 sampai semester 6. Melalui kompetensi utama yang terstandar. Bagi mahasiswa semester 7 serta 8, dilaksanakan program clinical attachment atau aplikasi klinik di rumah sakit serta klinik mandiri.

Tujuan pembelajaran dan magang ini yakni untuk meningkatkan mutu klinis serta kompetensi partisipan mahasiswa. Dalam pencapaian kompetensi buat jadi tenaga kesehatan handal di bidang ortotik prostetik, prodi Ortotik Prostetik sudah dilengkapi bermacam berbagai sarana pembelajaran.

Sarana tersebut meliputi antara lain ruang kelas atau ruang bimbingan yang nyaman. Kelengkapan pembelajarannya yakni sarana LCD, teleconference, AC yang terstandar, ruang praktikum atau workshop. Sehingga cocok dengan standar pelayanan ortotik prostetik yang dibutuhkan.

Kualifikasi dosen pengajar di prodi ortotik prostetik telah memenuhi standar dosen dengan minimun pembelajaran magister. Sehingga dalam mendidik, para dosen sudah dibekali ilmu yang matang. Meliputi berbagai teori dari para ahli di luar negeri juga praktisi yang sudah mendapatkan banyak pasien.

Sebagian dosen ialah lulusan akademi besar luar negara di bidang ortotik prostetik, antara lain lulusan ISPO Cat II PIPOS (Pakistan), ISPO Cat II VIETCOT (Vietnam), serta ISPO Cat I Mahidol (Thailand). Kebanggaan bagi CV Ibrahim Medica menjadi salah satu bagian pendidik para calon generasi penerus bangsa tersebut.

Tinggalkan komentar

error: