Sebelum Memasang Kaki Palsu, Perhatikan Hal Ini

Untuk penyandang disabilitas, kehadiran kaki palsu sangatlah penting. Namun, dalam mendapatkannya tidak bisa sembarang. Dalam hal ini Anda harus memperhatikan hal penting sebelum memasang kaki buatan ini. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya secara nyaman.

Ketika hendak melakukan pembelian, hendaknya memperhatikan hal penting, seperti aktifitas yang biasa dilakukan hingga biaya yang dibutuhkan. Hal ini akan menjadi bekal dalam proses pemasangan kaki. Lebih lengkapnya, Anda bisa simak rangkuman di bawah ini!

Mengenal Kaki Palsu

Sesuai namanya, kaki palsu yang menyiratkan bahwa kaki tersebut merupakan buatan manusia. Kehadirannya sebagai salah satu alat yang bisa membantu penyandang disabilitas untuk bisa mendapatkan kaki.

Alat ini digunakan untuk mereka yang mengamputasi kakinya karena kondisi tertentu. Selain itu, proses pemasangan pun tidak bisa sembarang. Hanya dilakukan oleh ahli profesional dengan menyesuaikan kondisi pasien terkait.

Selain itu, ahli prostetis pun akan melihat kondisi kaki Anda. Hal ini mencakup jaringan lunak, rasa sakit yang pernah dialami, kondisi pada kulit kaki, kesehatan kaki lainnya, hingga gerak dari anggota tubuh.

Ukuran satu pasien tidak akan sama dengan pasien lainnya. Terkait bahan yang digunakan cukup ringan. Dengan bantuan soket atau cetakan yang tepat akan membantu proses penempelan kaki palsu pada tubuh pasien.

Selain proses pemasangan, pasien juga harus membiasakan diri dengan kondisinya pasca pemasangan. Tahapan tersebut dikenal dengan istilah rehabilitasi. Hal ini tidaklah mudah dilakukan, banyak hambatan yang kerap dirasakan pasien.

Hambatan yang umum terjadi yakni hiperhidrosis atau keringat berlebih. Selain itu, perubahan bentuk pada sisa bagian dari anggota tubuh. Bagian ini merupakan endapan jaringan sebagai efek samping dari amputasi.

Jadi, pasien penyandang disabilitas membutuhkan mental yang kuat. Maka dari itu, mereka merupakan orang-orang luar biasa yang patut diacungi jempol. Tidak semua orang bisa mengatasinya dengan penuh kelapangan.

Butuh pembuatan kaki palsu Bekasi terbaik? Kami merupakan layanan pembuatan kaki palsu spesialis yang berkantor di Kabupaten Tuban dan Kota Bekasi.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Pemasangan Kaki Palsu

Jika Anda hendak memasang kaki palsu, maka harus memperhatikan beberapa poin penting berikut. Umumnya, penyedia akan menawarkan bentuk serta model yang beragam. Agar Anda tidak salah pilih, ikuti panduan di bawah ini!

1. Besarnya Amputasi

Pertama, Anda harus menyesuaikan dengan besarnya amputasi pada kaki Anda. Hal ini akan menentukan model kaki palsu yang akan digunakan. Apakah Anda akan memasang di bawah atau di atas lutut. Terkait model kaki palsu terdiri dari tiga bagian yakni:

  • Berukuran panjang 1/3 dari bagian atas.
  • Ukuran berikutnya ½ dari paha atau betis.
  • Selanjutnya, terdapat ukuran 1/3 dari bagian bawah.

Besaran amputasi ini sangat menentukan model kaki yang akan dirancang. Maka dari itu, Anda harus memberikan informasi terperinci terkait amputasi yang dilakukan. Selanjutnya, proses pemasangan pun bisa lebih aman dan lancar.

2. Tingkat Amputasi

Selain itu, tingkat amputasi juga menjadi salah satu penentu yang sangat penting. Jenis amputasi yang dilakukan sangatlah beragam, mulai bagian lutut, mata kaki, hingga seluruhnya.

Tingkatan ataupun lokasi amputasi menjadi penentu, penggunaan kaki palsu yang relatif atau yang lebih komplek. Pemilihan yang tepat akan membuat penggunanya lebih nyaman dalam menggunakannya.

3. Bahan yang Digunakan

Hal penting lainnya yang mesti Anda perhatikan adalah bahan yang digunakan. Material sangat menentukan kualitas dari kaki palsu yang akan Anda kenakan. Bahan yang umum digunakan antara lain polyester resin dan uga polyethylene.

Untuk mengetahui bahan yang bagus, Anda bisa konsultasi pada ahli yang lebih paham terkait hal tersebut. Dengan begitu, Anda pun bisa menentukan jenis kaki palsu bermaterial bagus.

Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya, material yang digunakan sifatnya ringan. Meskipun demikian, bahan yang akan digunakan tetap kuat dan kokoh untuk dijadikan penopang.

4. Menyesuaikan dengan Aktivitas Harian

Berikutnya, ketika hendak memasang kaki palsu, Anda harus konsultasikan aktivitas harian Anda. Dengan demikian, modelnya pun akan disesuaikan. Misalnya, jika Anda melakukan pekerjaan dalam kantor, maka bahannya akan berbeda dengan mereka yang melakukan aktifitas luar dengan kuantitas gerak lebih banyak.

Bagi mereka yang terbiasa gerak aktif akan disarankan menggunakan jenis prosthesis. Jenis yang satu ini akan disajikan tampak seperti kaki asli, baik dari segi fungsi maupun tampilannya. Dalam hal ini, penting agar Anda mengkonsultasikan apa aktivitas yang biasa dilakukan dalam setiap harinya.

5. Kebutuhan yang Sifatnya Privacy

Anda juga bisa mengkonsultasikan hal-hal yang sifatnya pribadi. Setiap pengguna tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda. Anda bisa memberikan pernyataan pada pihak penyedia kaki palsu. Baik model, jenis, hingga material lainnya harus diselaraskan dengan kebutuhan pribadi.

Beberapa pertanyaan umum yang akan disuguhkan ahli prosthesis yakni apakah digunakan untuk berjalan saja, digunakan untuk olahraga atau pun bekerja dan sebagainya. Hal ini harus Anda utarakan sejelas mungkin.

Berikutnya, seorang ahli pun akan merancang kaki palsu secara khusus dengan menyesuaikan kebutuhan pasiennya. Jadi, pastikan untuk mengutarakan apa yang dibutuhkan secara rinci.

6. Kondisi Kesehatan Tubuh

Tidak kalah penting dari poin lainnya yakni kondisi kesehatan tubuh pasien. Pemasangan akan lebih lancar jika pasien dalam kondisi sehat dan bugar. Waktu yang dibutuhkan tidaklah singkat, melainkan banyak tahapan yang harus dilakukan. Setiap tahapannya, harus dilalui pasien dengan keadaan sehat.

Kondisi pasien bisa berpengaruh pada kaki yang akan dibuat. Misalnya, kondisi obesitas, akan sangat berpengaruh pada ukurannya. Maka dari itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan agar lebih sehat.

Ahli ataupun dokter yang akan melakukan pemasangan pun akan memperhatikan kondisi tubuh pasien. Kesehatan menjadi bekal utama yang akan mendukung proses pemasangan lebih maksimal.

7. Biaya yang Diperlukan

Berikutnya, hal yang cukup sensitif dalam pemasangan kaki palsu yakni biaya yang akan dikeluarkan. Pada dasarnya biaya ini akan bergantung pada model hingga material yang digunakan.

Namun, satu hal yang pasti biaya menjadi elemen penting lainnya yang harus Anda siapkan. Untuk mengetahui nominal tepatnya, bisa langsung bertanya pada mereka yang berpengalaman. Anda juga bisa mencari tahu di berbagai forum yang berkaitan.

Untuk lebih mudah, alternatifnya Anda bisa memasang kaki palsu di CV Ibrahim Medica yang merupakan salah satu klinik yang menyediakan layanan terkait. Kehadirannya tidaklah baru, tapi sudah berkiprah sejak tahun 2014 yang silam.

Hingga kini, pasiennya sudah mencapai 1000 pasien lebih dari berbagai wilayah yang berada di Indonesia. Mengapa harus kami?

  • Berbagai produk yang kami suguhkan bergaransi hitungan bulan hingga satu tahun.
  • Memberikan pelayanan yang normal dan ramah.
  • Tersedianya konsultasi gratis untuk Anda yang masih kebingungan.

Nah, sudah tidak bingung lagi? Pastikan untuk memperhatikan hal penting di atas sebelum memasang kaki palsu. Pertimbangan dan persiapan yang maksimal akan membuat hasilnya lebih memuaskan dan nyaman untuk penggunanya.

Tinggalkan komentar

error: