Tips Merawat Kaki Palsu Agar Awet Digunakan

Penggunaan kaki palsu sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang mengalami amputasi karena alasan tertentu.

Ketika amputasi menjadi jalan terakhir bagi seseorang, hal ini tentu menjadi masalah yang sulit untuk diterima.

Untuk saat ini, masih banyak cara agar anggota tubuh yang diamputasi dapat kembali digunakan, yaitu dengan menggunakan kaki palsu.

Dengan adanya teknologi dan peralatan dokter yang canggih, maka kaki palsu ini diciptakan untuk membantu seseorang yang kehilangan bagian anggota tubuh.

Proses pemasangan kaki palsu ini harus dilakukan oleh ahli prostesis agar dapat digunakan dengan baik. Setelah pemasangan kaki palsu dilakukan, seseorang itu dapat menggunakannya untuk beraktivitas sebagaimana mestinya.

Namun, tidak jarang diantaranya pengguna kaki palsu yang masih bingung untuk merawatnya dengan benar.

Mengingat harga pembuatan kaki palsu yang bisa dibilang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, maka dibutuhkan perawatan yang benar agar awet digunakan dalam jangka panjang.

Jika Anda mencari tempat pembuatan kaki palsu Bekasi, Ibrahim Medika adalah tempat pembuatan kaki palsu terbaik di Bekasi.

Karena itu, perawatan kaki palsu harus dilakukan dengan baik. Pada artikel ini kami akan memberikan tips merawat kaki palsu agar awet digunakan dalam jangka panjang.

Cara Merawat Kaki Palsu Agar Awet Digunakan

Bagi Anda yang menggunakan kaki palsu untuk membantu berjalan, sangat penting untuk mengetahui cara merawatnya. Dengan mengikuti saran-saran yang kami tuliskan di bawah ini, diharapkan dapat membantu kaki palsu yang Anda miliki lebih awet digunakan.

Terlebih lagi bagi Anda yang pertama kali dalam menggunakan kaki palsu, maka sangat dianjurkan untuk meminta panduan dari tim medis atau ahli prostesis yang membantu Anda.

Tetapi setelah itu, Anda harus mengetahui cara perawatannya dengan sendiri dan menerapkannya sesuai dengan anjuran dari ahli prostesis itu.

Jadi, perawatan kaki palsu tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena dapat beresiko besar terkena infeksi atau bakteri.

Dibawah ini adalah tips merawat kaki palsu agar awet yang dapat Anda lakukan.

  • Jaga agar prostesis tetap bersih dan kering
  • Mencegah kerusakan air pada prostesis
  • Simpan prostesis dengan benar
  • Rutin Mencuci Kain Kaos (Stocking atau Stockinet)
  • Rutin Periksa Kondisi Komponen Kaki Palsu
  • Pastikan Kaki Palsu Tetap Bersih dan Kering

Dengan mempertimbangakan jenis bahan pembuatan kaki palsu, kaki palsu harus dijaga kebersihannya dan tetap kering.

Anda bisa mencuci setiap hari, namun tidak dengan air, melainkan menggunakan kain yang lembab agar mencegah penumpukan keringat, kotoran, dan bakteri yang menempel.

Bersihkan bagian dalam prostesis dengan kain lembab dan sabun lembut. Cuci bagian soket yang menyentuh kulit Anda, soft liner jika ada, dan bantalan karet apa pun.

Tetapi jangan merendam kaki palsu sepenuhnya di dalam air. Bersihkan saja dan keringkan dengan kain. Sebaiknya Anda membersihkan kaki palsu ini pada malam hari agar pagi hari sudah dapat digunakan beraktivitas kembali.

1. Mencegah Kerusakan Karena Terkena Air

Seperti yang kami jelaskan pada poin sebelumnya, menghindari air termasuk salah satu cara perawatan kaki palsu.

Baik jenis air apapun, sebisa mungkin jangan sampai terendampenuh. Jangan gunakan untuk berenang, mandi, ataupun kegiatan lain yang menyebabkan kaki palsu itu terendam.

Dan jika Anda menginginkan kaki palsu yang anti air, Anda dapat mendiskusikan terlebih dahulu dengan ahli prostesis tepat Anda membuat kaki palsu.

Simpan dengan Hati-hati

Ketika Anda tidak mengenakan kaki palsu atau melepaskannya, maka sandarkan ke dinding agar tidak terkena benturan-benturan yang dapat merusak kaki palsu.

Jangan menyimpan kaki palsu di lingkungan yang panas atau terkena panas secara langsung. Simpanlah kaki palsu ini di tempat yang teduh.

Dengan begitu, kaki palsu Anda akan lebih awet dan tahan lama untuk digunakan dalam jangka panjang.

2. Rutin Mencuci Kain Kaos (Stocking atau Stockinet)

Jagalah stokinet untuk tetap dalam kondisi bersih. Stockinette/Tubular Bandage adalah bahan yang ringan dan melar. Ini dibuat dalam bentuk gulungan dan merupakan perban rajutan terbuka yang digunakan untuk memegang perban aman di tempat.

Bersihkan teratur kaos stokinet. Jika anda beli kaki palsu, minta lebih dari 3 kaos stckinet, supaya penggantian kaos dapat bergilir semakin lama. Ini untuk pastikan stokinet tidak cepat hancur sebab sering dicuci.

3. Rutin Memeriksa Kondisi Komponen Kaki Palsu

Kaki palsu dibuat dengan bahan-bahan yang khusus dan terdiri dari beberapa komponen. Baik itu bahan dari lokal ataupun impor, umur penggunaan komponen-komponen itu tentu berbeda.

Untuk menjaga agar komponen itu tetap dapat digunakan dalam jangka panjang, ada baiknya Anda rutin mengecek seluruhnya.

Jika memang ada kerusakan pada salah satunya komponen itu, cepatlah tukar atau menghubungi ahli prostesis untuk memperbaikinya.

Hal ini menghindari kerusakan yang timbul semakin merambat ke komponen yang lainnya, karena jika ini terjadi tentu akan lebih banyak biaya yang dibutuhkan.

4. Melepas Kaki Palsu Saat Tidur

Bukan hanya saat mandi ataupun saat ingin beraktivitas yang menyebabkan kaki palsu basah, Anda juga harus melepaskan kaki palsu saat ingin tidur.

Hal ini menghindari adanya gerakan-gerakan yang menimbulkan kaki palsu terbetur keras. Jadi, ada baiknya Anda melepaskan saja kaki palsu saat tidur.

Nah, itulah tips merawat kaki palsu agar awet digunakan dalam jangka panjang. Selain hal ini, Anda juga harus tetap menjaga ukuran tubuh agar tetap ideal.

Ukuran tubuh ini tentu mempengaruhi kenyamanan penggunaan kaki palsu, karena jika ukuran tubuh yang berubah dari awal pembuatan kaki palsu akan membuat kaki palsu tidak nyaman digunakan.

Dan satu hal lagi, untuk tetap memastikan kaki palsu masih layak untuk digunakan, Anda lebih baik untuk rutin berkonsultasi dengan dokter atau ahli prostetis.

Apa yang Harus Anda Lakukan Jika Terjadi Masalah Pada Kaki Palsu?

Terkadang, meskipun Anda telah berhati-hati dalam merawat kaki palsu agar nyaman digunakan, tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi sesuatu masalah yang muncul.

Dan yang seringkali terjadi adalah masalah pada kulit kaki, karena kulit kaki melakukan kontak langsung dengan kaki palsu itu.

Namun, Anda tidak perlu cemas jika terjadi sesuatu hal pada kulit kaki itu. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan:

  • Jika kulit mengalami lecet atau bahkan timbul jerawat dan bisul, maka jangan sembarangan memecahkan bisul tersebut. Sebaiknya gunakan kain atau perban yang bersih untuk menutupinya hingga bisul itu kempis sendiri.
  • Jika kulit terasa gatal dan timbul bintik-bintik, sebaiknya hentikan dulu penggunaan kaki palsu hingga gejala tersebut hilang.
  • Jika kulit memerah dan gejala tersebut tak kunjung hilang meski Anda telah berhenti menggunakan kaki palsu dalam beberapa waktu, maka segera periksakan diri ke dokter.

Tinggalkan komentar

error: