Kaki palsu atau kaki palsu, berfungsi membantu penderita amputasi kaki untuk lebih memudahkan mobilitas. Berfungsi dan dengan tampilan yang menyerupai tampilan asli. Bagi penderita amputasi anggota gerak bawah, maka kaki palsu mungkin merupakan opsi yang harus dipikirkan pertama kali. Namun, sebelum pasien memutuskan untuk menggunakan kaki palsu tersebut, ada beberapa hal yang harus pasien pertimbangkan terlebih dahulu. Berikut adalah point-pointnya.

Faktor yang menghambat dalam penggunaan kaki palsu

Ada banyak orang yang kehilangan kakinya, ada yang dapat menggunakan kaki palsunya dengan baik maupun tidak. Berikut adalah faktor dan kondisi yang perlu diperhatikan dan didiskusikan dengan dokter sebelum pasien mendapatkan kaki palsu.

  1. Apakah kaki yang lain sehat?
  2. Apakah ada jaringan lunak yang cukup untuk melindungi tulang yang tersisa?
  3. Seberapa besar rasa sakit yang pasien alami?
  4. Bagaimana kondisi kulit pada kaki?
  5. Berapa kisaran gerak yang dimiliki anggota tubuh yang tersisa?
  6. Apa tingkat aktivitas Pasien sebelum diamputasi?
  7. Apa tujuan mobilitas Pasien?

Jenis amputasi (di atas atau di bawah lutut) juga dapat memengaruhi keputusan Pasien. Biasanya lebih mudah menggunakan kaki palsu di bawah lutut daripada kaki palsu di atas lutut. Hal ini dikarenakan persendian lutut yang utuh, kaki palsu bawah lutut membutuhkan lebih sedikit usaha untuk bergerak dan memungkinkan mobilitas yang lebih besar. Di samping itu, alasan di balik amputasi juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan, karena dapat berdampak pada kesehatan sisa anggota tubuh. Kesehatan fisik dan gaya hidup Pasien juga penting untuk dipertimbangkan. Misalnya, pasien dengan riwayat diabetes akan lebih sulit daripada pasien yang amputasi karena kecelakaan.

Custom Untuk Pembuatan Kaki Palsu

[Foto Socket dibuat oleh Ibrahim Medica]

Ini membantu untuk memahami bagaimana berbagai bagian kaki palsu bekerja bersama:

  • Kaki palsu terbuat dari bahan yang ringan, namun tahan lama. Misalnya dengan bahan Carbon atau Aluminium Alloy.
  • Soket adalah cetakan dari sisa amputasi dari bagian tubuh kaki pasien yang dibuat secara khusus dengan penyesuaian punting pasien.
  • Sistem suspensi adalah bagaimana kaki palsu tetap terpasang dan terkunci yang gerakan kaki palsu tetap stabil.

Ada banyak opsi untuk masing-masing komponen di atas. Untuk mendapatkan kaki palsu yang cocok dengan pasien. Silahkan konsultasikan dengan denga kami secara gratis.

Adaptasi Pasien Menggunakan Kaki Palsu

Pasien akan dilatih menggunakan kaki palsunya secara berkelanjutan menyesuaikan waktu dan kondisi pasien. Monitoring oleh Tim Kami adalah layanan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kemajuan pasien dapat berjalan dengan lancer.

Pelayanan Purna Jual oleh CV Ibrahim Medica

Pada rentan waktu tertentu pasien akan mengalami perubahan pada puntungnya. Hal ini terjadi terjadi pada pasien yang terus menerus melakukan aktifitas dengan kaki palsunya atau mengalami perubahan berat tubuh pasien yang tidak terkontrol.
Oleh karena itu, CV Ibrahim Medica memberikan garansi pada setiap produk maupun komponen. Adapun pasien yang telah melewati masa garansi, kami akan memberikan harga khusus untuk penggantian komponen tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus pasien pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan kaki palsu. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan hubungi CV Ibrahim Medica untuk berkonsultasi lebih lanjut. Karena kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal, jaminan kualitas dengan pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pasien. Hubungi kami dan dapatkan layanan konsultasi secara gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here